Computer Emergency Service Indonesia

we are ready to help you in times of emergency
Pages (25)1234567 Next

Senin, 09 April 2012

Pengertian NET Framework

NET Framework (dibaca dot net). Adalah kerangka kerja perangkat lunak yang berjalan terutama pada Microsoft Windows . Ini termasuk besar perpustakaan dan menyediakan interoperabilitas bahasa (bahasa masing-masing dapat menggunakan kode yang ditulis dalam bahasa lain) di beberapa bahasa pemrograman . Program yang ditulis untuk NET Framework. Mengeksekusi dalam perangkat lunak lingkungan (sebagai kontras dengan hardware lingkungan), dikenal sebagai Common Language Runtime (CLR), sebuah aplikasi mesin virtual yang menyediakan layanan penting seperti keamanan, manajemen memori , dan exception handling . Perpustakaan kelas dan CLR bersama-sama merupakan Framework. BERSIH.
NET Framework itu. Basis Class Library menyediakan antarmuka pengguna , akses data , konektivitas database , kriptografi , aplikasi web pembangunan, numerik algoritma , dan jaringan komunikasi . Programmer memproduksi perangkat lunak mereka sendiri dengan menggabungkan kode sumber dengan NET Framework. dan perpustakaan lainnya. NET Framework. Dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows. Microsoft juga menghasilkan populer lingkungan 
 pengembangan terintegrasi sebagian besar untuk perangkat lunak NET. disebut Visual Studio .

Sejarah

Tumpukan NET Framework..
Microsoft memulai pengembangan pada NET Framework. Pada akhir tahun 1990 awalnya dengan nama Next Generation Windows Services (NGWS). Pada akhir 2000, versi beta pertama dari NET 1.0. Dibebaskan. [2]
Versi 3.0 dari NET Framework. Disertakan dengan Windows Server 2008 dan Windows Vista . Versi 3.5 disertakan dengan Windows 7 , dan juga dapat diinstal pada Windows XP dan Windows Server 2003 keluarga sistem operasi. [3] Pada tanggal 12 April 2010, NET Framework. 4 dirilis bersama Visual Studio 2010 .
Keluarga NET Framework. Juga mencakup dua versi untuk ponsel atau tertanam penggunaan perangkat. Sebuah versi yang dikurangi dari kerangka itu, NET Compact Framework. , tersedia di Windows CE platform, termasuk Windows Mobile perangkat seperti smartphone . Selain itu, NET Micro Framework. ditargetkan pada sangat terbatas sumber daya perangkat.
Versi Nomor Versi Release Date Visual Studio Default pada Windows
1.0 1.0.3705.0 2002-02-13 Visual Studio NET. Windows XP Tablet dan Media Center Editions [4]
1.1 1.1.4322.573 2003-04-24 Visual Studio NET 2003. Windows Server 2003
2.0 2.0.50727.42 2005-11-07 Visual Studio 2005 Windows Server 2003 R2
3.0 3.0.4506.30 2006-11-06
Windows Vista, Windows Server 2008
3.5 3.5.21022.8 2007-11-19 Visual Studio 2008 Windows 7, Windows Server 2008 R2
4.0 4.0.30319.1 2010-04-12 Visual Studio 2010 Windows 7 (Disarankan)
4.5 4.5.40805 2012/02/29 (pratinjau konsumen) Visual Studio '11 ' Windows 8, Windows Server 8
CATATAN:. Windows XP (termasuk service pack) tidak datang dengan versi NET Framework terinstal. [5]
Sebuah daftar yang lebih lengkap tentang rilis Framework. NET dapat ditemukan pada Daftar versi NET Framework. .

[ sunting ] Desain fitur

Interoperabilitas
Karena sistem komputer yang biasa membutuhkan interaksi antara aplikasi yang lebih baru dan lebih tua, Framework. NET menyediakan sarana untuk mengakses fungsi diimplementasikan dalam program-program yang dijalankan di luar lingkungan. BERSIH. Akses ke COM komponen disediakan dalam System.Runtime.InteropServices dan ruang nama System.EnterpriseServices kerangka; akses ke fungsi lainnya disajikan dengan menggunakan P / Invoke fitur.
Common Language Runtime Mesin
The Common Language Runtime (CLR) adalah mesin pelaksanaan NET Framework.. Semua program BERSIH. Mengeksekusi di bawah pengawasan CLR, menjamin sifat tertentu dan perilaku dalam bidang manajemen memori, keamanan, dan penanganan eksepsi.
Bahasa Kemerdekaan
NET Framework. Memperkenalkan Sistem Jenis umum , atau CTS. CTS spesifikasi mendefinisikan semua kemungkinan tipe data dan pemrograman konstruksi didukung oleh CLR dan bagaimana mereka mungkin atau mungkin tidak berinteraksi satu sama lain sesuai dengan Common Language Infrastructure (CLI) spesifikasi. Karena fitur ini, NET Framework. Mendukung pertukaran jenis dan contoh objek antara perpustakaan dan aplikasi yang ditulis menggunakan conforming . NET bahasa .
Base Class Library
The Base Class Library (BCL), bagian dari Kerangka Kelas Library (FCL), adalah library dari fungsi yang tersedia untuk semua bahasa menggunakan NET Framework.. BCL menyediakan kelas yang encapsulate sejumlah fungsi umum, termasuk berkas membaca dan menulis, rendering grafis , basis data interaksi, XML manipulasi dokumen, dan sebagainya.
Sederhana Deployment
NET Framework. Termasuk fitur desain dan alat yang membantu mengelola instalasi perangkat lunak komputer untuk memastikan tidak mengganggu perangkat lunak diinstal sebelumnya, dan sesuai dengan persyaratan keamanan.
Keamanan
Desain ini dimaksudkan untuk mengatasi beberapa kerentanan, seperti buffer overflows , yang telah dimanfaatkan oleh perangkat lunak berbahaya. Selain itu, NET menyediakan. Model keamanan umum untuk semua aplikasi.
Portabilitas
Meskipun Microsoft telah pernah dilaksanakan kerangka penuh pada setiap sistem kecuali Microsoft Windows, kerangka kerja ini adalah rekayasa untuk menjadi platform agnostik, [6] dan cross-platform implementasi yang tersedia untuk sistem operasi lain (lihat Silverlight dan implementasi Alternatif bagian bawah). Microsoft mengajukan spesifikasi untuk Infrastruktur Common Language (yang mencakup perpustakaan kelas inti, Sistem Jenis umum , dan Common Intermediate Language ), [7] [8] [9] dengan C # bahasa, [10] dan C + + / CLI bahasa [11] baik ECMA dan ISO , membuat mereka tersedia sebagai standar terbuka. Hal ini memungkinkan untuk pihak ketiga untuk membuat implementasi kompatibel dari kerangka dan bahasa pada platform lainnya.

[ sunting ] Arsitektur

Visual gambaran dari Common Language Infrastructure (CLI)

[ sunting ] Bahasa Infrastruktur Umum (CLI)

Tujuan dari Common Language Infrastructure (CL) adalah untuk menyediakan platform bahasa-netral untuk pengembangan aplikasi dan pelaksanaan, termasuk fungsi untuk penanganan Exception , Sampah Koleksi , keamanan, dan interoperabilitas. Dengan menerapkan aspek inti dari NET Framework. Dalam lingkup CL, fungsi ini tidak akan dikaitkan dengan satu bahasa tetapi akan tersedia di seluruh bahasa yang didukung oleh framework. Implementasi Microsoft dari CLI disebut Common Language Runtime , atau CL.

Para CIL kode ini bertempat di majelis BERSIH. . Sebagaimana diamanatkan oleh spesifikasi, majelis disimpan dalam Portable Executable format (PE), yang umum pada platform Windows untuk semua DLL dan EXE file. Perakitan terdiri dari satu atau lebih file, salah satunya harus berisi nyata, yang memiliki metadata untuk perakitan. Nama lengkap dari sebuah perakitan (tidak harus bingung dengan nama file pada disk) berisi teks sederhana nama, nomor versi, budaya, dan kunci publik token. Sidang dianggap setara jika mereka memiliki nama lengkap yang sama, tidak termasuk revisi nomor versi. Kunci privat juga dapat digunakan oleh pencipta perakitan untuk penamaan kuat. Token kunci publik yang mengidentifikasi kunci publik perakitan ditandatangani dengan. Hanya pencipta keypair (biasanya pengembang NET. Menandatangani perakitan) dapat mendaftar majelis yang memiliki nama yang kuat sama dengan perakitan versi sebelumnya, karena ia yang memiliki kunci pribadi. Penamaan yang kuat diperlukan untuk menambahkan majelis ke Global Assembly Cache .

[ sunting ] Keamanan

. NET memiliki keamanan sendiri mekanisme dengan dua fitur umum: Kode Keamanan Akses (CA), dan validasi dan verifikasi. Kode Keamanan Akses didasarkan pada bukti yang berhubungan dengan perakitan tertentu. Biasanya bukti adalah sumber dari perakitan (apakah itu diinstal pada komputer lokal atau telah didownload dari intranet atau internet). Kode Keamanan Access menggunakan bukti untuk menentukan izin yang diberikan kepada kode. Kode lain dapat menuntut agar kode panggilan diberikan izin tertentu. Permintaan tersebut menyebabkan CL untuk melakukan jalan panggilan stack: setiap perakitan dari setiap metode dalam panggilan tumpukan diperiksa izin yang diperlukan, jika perakitan pun tidak diberikan izin pengecualian keamanan dilemparkan.

[ sunting ] Kelas perpustakaan

Ruang nama di BCL [12]
Sistem
Sistem.
Sistem. Diagnostik
Sistem. Globalisasi
Sistem. IO
Sistem. Sumber Daya
Sistem. Teks
Sistem. Text.RegularExpressions
NET Framework. Mencakup seperangkat standar perpustakaan kelas. Perpustakaan kelas diatur dalam hirarki ruang nama . Sebagian besar built-in API merupakan bagian dari salah satu System.* atau Microsoft.* ruang nama. Perpustakaan ini kelas menerapkan sejumlah besar fungsi umum, seperti membaca file dan menulis, rendering grafis, interaksi database, dan manipulasi dokumen XML, antara lain. Perpustakaan kelas. NET yang tersedia untuk semua bahasa sesuai CLI . . Kerangka perpustakaan kelas NET dibagi menjadi dua bagian: Base Class Library dan Perpustakaan Kelas Kerangka
The Base Class Library (BC) termasuk bagian kecil dari perpustakaan seluruh kelas dan adalah himpunan inti dari kelas yang dijadikan sebagai dasar API dari Common Language Runtime . [12] Kelas-kelas di mscorlib.dll dan beberapa kelas di System.dll dan System.core.dll dianggap bagian dari BCL. Kelas BCL yang tersedia di kedua NET Framework. Serta implementasi alternatif yang termasuk Compact Framework. NET , Microsoft Silverlight dan Mono .
Para Kerangka Kelas Library (FCL) adalah superset dari kelas BCL dan mengacu pada seluruh kelas perpustakaan yang dikirimkan dengan. NET Framework. Ini termasuk set diperluas perpustakaan, termasuk Windows Forms , ADO.NET , ASP.NET , Query Language Integrated , Windows Presentation Foundation , Windows Communication Foundation antara lain. FCL ini jauh lebih besar dalam lingkup dari perpustakaan standar untuk bahasa seperti C + + , dan dapat dibandingkan dalam lingkup ke perpustakaan standar Jawa .

[ sunting ] Manajemen memori

. CL NET Framework membebaskan pengembang dari beban mengelola memori (mengalokasikan dan membebaskan bila dilakukan); menangani manajemen memori itu sendiri dengan mendeteksi bila memori dapat dengan aman dibebaskan. Memori dialokasikan untuk instantiations dari. Jenis BERSIH (objek) dari tumpukan dikelola, kolam memori dikelola oleh CL. Selama ada ada referensi ke objek, yang mungkin berupa referensi langsung ke obyek atau melalui grafik objek, objek tersebut dianggap digunakan. Ketika tidak ada referensi ke sebuah obyek, dan tidak dapat dicapai atau digunakan, menjadi sampah, layak untuk koleksi. NET Framework termasuk kolektor sampah yang berjalan secara periodik, pada terpisah benang dari utas aplikasi, yang menyebutkan semua benda tidak dapat digunakan dan mengambil kembali memori yang dialokasikan kepada mereka.
Tersebut. NET Sampah Kolektor (GC) adalah non-deterministik, kompaksi, mark-dan-menyapu pengumpul sampah. GC berjalan hanya bila sejumlah memori telah digunakan atau ada tekanan yang cukup untuk memori pada sistem. Karena tidak dijamin ketika kondisi untuk merebut kembali memori tercapai, berjalan GC adalah non-deterministik. Setiap aplikasi. NET memiliki seperangkat akar, yang adalah pointer ke objek pada tumpukan dikelola (objek dikelola). Ini termasuk referensi ke objek statis dan objek didefinisikan sebagai variabel lokal atau parameter metode saat ini dalam ruang lingkup, serta benda-benda disebut dengan register CPU. [13] Ketika GC berjalan, ia berhenti aplikasi, dan untuk setiap objek sebagaimana dimaksud dalam root, secara rekursif menyebutkan semua benda dicapai dari objek akar dan menandai mereka sebagai terjangkau. Menggunakan metadata BERSIH. Dan refleksi untuk menemukan objek dienkapsulasi oleh obyek, dan kemudian secara rekursif berjalan mereka. Kemudian menyebutkan semua objek pada tumpukan (yang awalnya dialokasikan contiguously) menggunakan refleksi. Semua benda tidak ditandai sebagai dijangkau adalah sampah. [13] Ini adalah fase tanda. [14] Karena memori dipegang oleh sampah tidak konsekuensi apapun, itu dianggap ruang bebas. Namun, ini meninggalkan potongan ruang kosong antara obyek yang awalnya berdekatan. Benda tersebut kemudian dipadatkan bersama-sama untuk membuat memori yang digunakan berdekatan lagi. [13] [14] Setiap referensi ke sebuah obyek batal dengan menggerakkan objek tersebut diperbarui oleh GC untuk mencerminkan lokasi baru. [14] Aplikasi ini dilanjutkan setelah sampah koleksi berakhir.
. GC digunakan oleh NET Framework sebenarnya generasi . [15] Objek ditugaskan satu generasi; objek yang baru dibuat termasuk Generasi 0. Objek yang bertahan pengumpulan sampah ditandai sebagai Generasi 1, dan 1 Generasi objek yang bertahan koleksi lain adalah Generasi 2 objek. NET Framework. Menggunakan sampai Generasi 2 objek. [15] objek yang lebih tinggi generasi sampah yang dikumpulkan lebih jarang daripada objek generasi yang lebih rendah. Ini membantu meningkatkan efisiensi pengumpulan sampah, sebagai objek yang lebih tua cenderung memiliki masa hidup yang lebih besar dari benda yang lebih baru. [15] Jadi, dengan menghapus lebih tua (dan dengan demikian lebih mungkin bertahan koleksi) objek dari lingkup lari koleksi, lebih sedikit objek perlu diperiksa dan dipadatkan. [15]

[ sunting ] Standarisasi dan perizinan

Pada bulan Agustus 2000, Microsoft , Hewlett-Packard , dan Intel bekerja untuk membakukan CLI dan C # bahasa pemrograman. Pada Desember 2001, keduanya diratifikasi ECMA standar ( ECMA 335 dan ECMA 334 ). ISO diikuti di bulan April 2003 -. versi terbaru dari standar ISO adalah ISO / IEC 23271:2012 dan ISO / IEC 23270:2006 [16] [17 ]
Sementara Microsoft dan mitra mereka memegang hak paten [ rujukan? ] untuk CLI dan C #, ECMA dan ISO mengharuskan semua paten penting untuk pelaksanaan disediakan di bawah " hal yang wajar dan tidak diskriminatif ". Selain memenuhi persyaratan tersebut, perusahaan telah sepakat untuk membuat paten tersedia bebas royalti. [ rujukan? ]
Namun, ini tidak berlaku untuk bagian dari NET Framework. Yang tidak tercakup oleh ECMA / ISO standar, yang mencakup Windows Forms , ADO.NET , dan ASP.NET . Paten bahwa Microsoft memegang [ rujukan? ] di daerah-daerah dapat menghalangi implementasi non-Microsoft dari kerangka penuh. [18]
Pada tanggal 3 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa banyak dari kode sumber untuk NET Framework. Perpustakaan Base Class (termasuk ASP.NET , ADO.NET , dan Windows Presentation Foundation ) adalah yang telah dibuat tersedia dengan rilis terakhir dari Visual Studio 2008 menjelang akhir tahun 2007 di bawah sumber bersama Lisensi Microsoft Referensi . [1] Kode sumber untuk perpustakaan lain termasuk Windows Communication Foundation (WCF), Windows Workflow Foundation (WF), dan Query Language Terpadu (LINQ) itu harus ditambahkan di masa depan rilis. Yang dirilis di bawah sumber non-buka Microsoft Lisensi Referensi berarti kode sumber yang tersedia untuk debugging satunya tujuan, terutama untuk mendukung debugging terintegrasi dari BCL di Visual Studio .

[ sunting ] Kritik

. Masalah yang lebih teknis dan kritik yang berkaitan dengan NET meliputi:
  • Aplikasi berjalan di lingkungan yang dikelola cenderung membutuhkan sumber daya sistem lebih dari aplikasi yang serupa bahwa sumber daya mesin akses lebih langsung [. rujukan? ]
  • Unobfuscated dikelola CIL bytecode sering dapat lebih mudah untuk reverse-insinyur dari kode asli. [19] [20] Salah satu perhatian yang lebih dari kemungkinan hilangnya rahasia dagang dan melewati mekanisme kontrol lisensi. Karena Visual Studio. NET (2002) , Microsoft sudah termasuk alat untuk mengaburkan kode ( Dotfuscator Community Edition). [21]
  • Versi yang lebih baru dari kerangka (3,5 ke atas) tidak pra-instal di versi Windows dibawah Windows 7 (meskipun versi yang lebih baru tersedia melalui Windows Update ). Untuk alasan ini, aplikasi harus memimpin pengguna tanpa kerangka melalui prosedur menginstalnya. Beberapa pengembang telah menyatakan keprihatinan tentang besarnya ukuran installer runtime. NET Framework untuk pengguna akhir . Ukurannya sekitar 54 MB untuk NET 3.0, 197 MB untuk NET 3.5, dan 250 MB untuk NET 3.5 SP1 (saat menggunakan web installer download khas untuk Windows XP adalah sekitar 50 MB, untuk Windows Vista - 20 MB).... Masalah ukuran ini sebagian diselesaikan dengan. NET 4 installer (x86 + x64) menjadi 54 MB dan tidak embedding paket runtime instalasi penuh untuk versi sebelumnya. NET. 3.5 SP1 paket instalasi lengkap termasuk paket instalasi runtime penuh untuk NET 2.0 SP2 serta.. NET 3.0 SP2 untuk beberapa sistem operasi (Windows XP / Server 2003 dan Windows Vista / Server 2008) dan untuk arsitektur beberapa CPU ( x86 , x86-64 , dan IA-64 ).
    • Paket layanan pertama untuk versi 3.5 meringankan keprihatinan ini dengan menawarkan ringan klien hanya subset dari Framework. BERSIH. Dua keterbatasan yang signifikan harus dicatat, meskipun. [22] Pertama, subset klien hanya hanya pilihan pada sistem XP SP2 yang ada Windows saat ini tidak memiliki versi lain dari NET Framework terinstal.. Dalam semua skenario lain, installer klien hanya akan menginstal versi penuh dari NET Framework 3.5 SP1.. Kedua, kerangka klien hanya tidak memiliki pilihan 64-bit. Namun, rilis 4 dari Kerangka Profil Klien BERSIH. Akan tersedia pada semua sistem operasi dan semua arsitektur (tidak termasuk Itanium ) didukung oleh penuh NET Framework.. [23]
  • NET Framework. Saat ini tidak menyediakan dukungan untuk memanggil Streaming SIMD Extensions (SSE) melalui kode dikelola . Namun, Mono telah memberikan dukungan untuk SIMD Extensions pada versi 2.2 dalam namespace Mono.Simd; memimpin pengembang Mono Miguel de Icaza telah menyatakan harapan bahwa ini mendukung SIMD akan diadopsi oleh ECMA CLR standar. [24] Streaming SIMD Extensions telah tersedia di x86 CPU sejak diperkenalkannya Pentium III . Beberapa arsitektur lain seperti ARM dan MIPS juga memiliki ekstensi SIMD. Dalam hal CPU tidak memiliki dukungan bagi mereka ekstensi, petunjuk disimulasikan dalam perangkat lunak.
  • Sementara standar yang membentuk. NET secara inheren cross-platform, implementasi penuh Microsoft. NET hanya didukung pada Windows . Microsoft tidak menyediakan subset NET terbatas. Untuk platform lainnya seperti XNA untuk Windows, Xbox 360 dan Windows Telepon 7 , Silverlight untuk Windows dan Mac OS X . Alternatif implementasi dari CLR, perpustakaan kelas dasar, dan kompiler juga ada (kadang-kadang dari vendor lain ). Sementara semua implementasi tersebut didasarkan pada standar yang sama, mereka masih implementasi yang berbeda dengan berbagai tingkat kelengkapan dibandingkan dengan penuh NET versi Microsoft kapal untuk Windows dan. Yang pada kesempatan yang tidak kompatibel. [ rujukan? ]

[ sunting ] implementasi Alternatif

Microsoft NET Framework. Adalah implementasi utama dari teknologi NET.. Implementasi lain untuk bagian dari kerangka ada. Meskipun mesin runtime digambarkan oleh spesifikasi ECMA / ISO, implementasi lain dari itu dapat dibebani oleh permasalahan paten; standar ISO mungkin termasuk disclaimer, "Harap diingat kemungkinan bahwa beberapa unsur dari dokumen ini dapat menjadi subjek hak paten. ISO tidak bertanggung jawab untuk menunjukkan salah satu atau semua hak paten seperti itu ". [25] Hal ini lebih sulit untuk mengembangkan alternatif ke perpustakaan kelas dasar (BCL), yang tidak dijelaskan oleh standar terbuka dan dapat tunduk pada pembatasan hak cipta. Selain itu, bagian dari BCL memiliki Windows-spesifik fungsi dan perilaku, sehingga pelaksanaan pada platform non-Windows bisa menimbulkan masalah.
Beberapa implementasi alternatif bagian dari kerangka terdaftar di sini.
  • NET Framework. Microsoft Micro adalah platform NET untuk sangat terbatas sumber daya perangkat.. Suman mencakup versi kecil dari BERSIH. CLR dan pengembangan dukungan di C # (meskipun beberapa pengembang mampu menggunakan VB.NET [26] , meskipun dengan jumlah hacking, dan dengan fungsionalitas terbatas) dan debugging (dalam sebuah emulator atau pada perangkat keras), baik menggunakan Microsoft Visual Studio . Ia juga memiliki subset dari perpustakaan kelas. Dasar BERSIH (sekitar 70 kelas dengan sekitar 420 metode), sebuah GUI kerangka longgar didasarkan pada Windows Presentation Foundation , dan library tambahan khusus untuk aplikasi embedded.
  • Mono adalah sebuah implementasi dari CLI dan Basis Kelas. NET Library (BCL), dan menyediakan fungsionalitas tambahan. Ini adalah dual-berlisensi di bawah perangkat lunak bebas dan perangkat lunak berpemilik lisensi. Ini termasuk dukungan untuk ASP.NET, ADO.NET, dan Windows Forms perpustakaan untuk berbagai arsitektur dan sistem operasi. Ini juga termasuk C # dan VB.NET compiler.
  • Portable.NET (bagian dari DotGNU ) menyediakan implementasi dari Common Language Infrastructure (CLI), bagian dari Perpustakaan Kelas Base. BERSIH (BCL), dan C compiler #. Hal ini mendukung berbagai CPU dan sistem operasi.
  • Microsoft Bersama Infrastruktur Sumber Common Language adalah tidak bebas pelaksanaan komponen CLR dari Framework. BERSIH. Namun, versi terakhir hanya berjalan pada Microsoft Windows XP SP2, dan tidak diperbarui sejak 2006, karena itu tidak mengandung semua fitur dari 2,0 versi Framework. NET.
  • CrossNet merupakan implementasi dari CLI dan bagian dari Perpustakaan Kelas Base. BERSIH (BCL). Ini adalah perangkat lunak bebas menggunakan open source lisensi MIT . Pada September 2011, tampaknya pengembangan CrossNet tidak aktif sejak Oktober 2007.
 Sumber wikipedia (di artikan ke bahasa indonesia)

Tidak ada komentar: